Pengertian PHP Menurut Para Ahli

Pengertian PHP | Diwapedia


Catatan

Hanya Tulisan di dalam kotak merah yang bisa di salin. Diluar itu, CTRL+C di block.
Mohon pergunakan dengan bijak.

Mau Menyalin Tulisan? Kunjungi Dulu Halaman Disclaimer Diwapedia.


PHP atau kepanjangan dari PHP: Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman server side yang digunakan untuk pengembangan website ataupun pengembangan aplikasi lain berbasis web (Web-Based).

Dalam web programming sendiri, kita mengenal 2 istilah pengolahan script, yaitu Server Side dan Client Side.

Server Side merupakan suatu proses pengolahan script yang dilakukan oleh server dan hasil pengolahannya dikirimkan ke komputer client.

Client Side merupakan suatu proses pengolahan script yang dilakukan langsung di sisi Client.

Sobat diwapedia dapat mengunjungi http://php.net untuk mengetahui berbagai berita perkembangan terbaru terkait bahasa pemrograman PHP.

Adapun pengertian PHP menurut para ahli atau pakar serta sumber populer sebagai berikut.


Wikipedia


Menurut Wikipedia, Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Pada 1998, barulah nama PHP diubah menjadi  PHP: Hypertext Preprocessor oleh perusahaan bernama Zend  saat perusahaan ini merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0.


Abdul Kadir


Menurut Abdul Kadir (2013:17), PHP adalah bahasa pemrograman yang ditunjukan untuk kepentingan pembuatan aplikasi web. Sebagai bahasa pemrograman untuk web, PHP sebenarnya bukanlah satu-satunya, tetapi termasuk yang populer.

PHP memungkinkan pembuatan aplikasi web yang dinamis, dalam arti, dapat membuat halaman web yang dikendalikan oleh data. Dengan demikian, perubahan data akan membuat halaman web ikut berubah tanpa harus mengubah script atau kode yang menyusun halaman web.


Rudyanto Arief


Menurut Arief (2011:43), PHP adalah Bahasa Server Side-Scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena PHP merupakan server side-scripting, maka sintaks dan perintah-perintah PHP akan diesksekusi diserver, kemudian hasilnya akan dikirimkan ke browser dengan format HTML.




Sumber & Daftar Pustaka


https://id.wikipedia.org/wiki/PHP (Diakses : 11/01/2019)

Kadir, A. 2013. Buku Pintar programer Pemula PHP. Yogyakarta : Mediakom.
Arief, M.Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: ANDI.

Buku terkait bisa kalian dapatkan disini :



Post a Comment

0 Comments