Pengertian XAMPP Menurut Para Ahli

Pengertian XAMPP | Diwapedia


Catatan

Hanya Tulisan di dalam kotak merah yang bisa di salin. Diluar itu, sistem copas di blok.
Mohon pergunakan dengan bijak.

Mau Menyalin Tulisan? Kunjungi Dulu Halaman Disclaimer Diwapedia .

Menurut ApacheFriends.org , XAMPP merupakan kompilasi perangkat lunak bebas yang digunakan sebagai server yang berdiri sendiri, yang dikembangkan oleh Kai 'Oswald' Seidler  dan  Kay Vogelgesang .

Untuk mengakses XAMPP dan komponennya, kita bisa menggunakan browser dengan mengetikan localhost atau 127.0.0.1 pada address bar browser. 

Pada awal pengembangannya, XAMPP terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQLPHP dan Perl . Kini penggunaan database MySQL Telah diganti Oleh MariaDB .

XAMPP dikembangkan oleh sebuah tim bernama Apache Friends , yang terdiri dari Tim Inti, Tim Pengembang & Tim Pendukung.


Adapun kepanjangan XAMPP adalah sebagai berikut.
X (Cross)
Menjelaskan bahwa XAMPP merupakan perangkat lunak cross platform yang dapat dijalankan pada 4 OS besar, yaitu Windows, Linux, Mac OS dan Solaris.


A (Apache)
Merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.


M (Sebelumnya : MySQL) | (Kini : MariaDB)
MySQL dan MariaDB merupakan aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama, yaitu Michael “Monty”.

Pada MySQL, SQL merupakan kepanjangan dari Structured Query Language, yaitu bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya.

Pada MariaDB, penamaan MariaDB diambil dari nama anak dari Monty yaitu Maria. Menurut informasi dari GarudaCyber, alasan Monty membuat MariaDB adalah karena MySQL itu sendiri telah diambil alih oleh ORACLE, sehingga menyebabkan MySQL menjadi produk yang berlisensi dan nantinya akan menjadi produk komersil.


P (PHP)
Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis.


P (Perl)
Perl merupakan bahasa pemrograman untuk segala keperluan yang dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix.



Adapun pengertian XAMPP menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Purbadian

Purbadian (2016:1), menjelaskan bahwa "XAMPP merupakan suatu software yang bersifat open source yang merupakan pengembangan dari LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP dan Perl)".

Bunafit Nugroho

Menurut Bunafit Nugroho (2008:2), "XAMPP merupakan paket php berbasis open source yang dikembangkan oleh sebuah komunitas open source. Dengan menggunakan XAMPP, tidak usah lagi bingung untuk melakukan penginstalan program lain, karena semua kebutuhan telah disediakan oleh XAMPP".

Riyanto

Menurut Riyanto (2010:1) XAMPP merupakan paket PHP dan MySQL berbasis open source, yang dapat digunakan sebagai tool pembantu pengembangan aplikasi berbasis PHP. XAMPP mengkombinasikan beberapa paket perangkat lunak berbeda ke dalam satu paket.

Sumber Informasi & Daftar Pustaka

https://www.apachefriends.org/about.html (Diakses : 11/01/2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP (Diakses : 11/01/2019)
https://garudacyber.co.id/artikel/255-perbedaan-mariadb-dan-mysql (Diakses : 11/01/2019)

Purbadian, Yenda. 2016. Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Bunafit Nugroho. 2008. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis Dengan PHP dan MySQL. Gava Media. Yogyakarta.

Riyanto. 2010. Sistem Informasi Penjualan Dengan PHP Dan MySQL. Gava Media. Yogyakarta.

Post a Comment

0 Comments